Senin, 22 Agustus 2016

Materi Matematika Keuangan


         Blog Koma - Materi Matematika keuangan adalah salah satu materi pelajaran peminatan di tingkat SMA kurikulum 2013 yang dipelajari kelas 12. Sebenarnya materi matematika keuangan telah dipelajari oleh siswa/siswi tingkat SMK. Dengan mempelajari matematika keuangan diharapkan kita mampu memahami masalah kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan keuangan, misalkan masalah bunga pinjaman dan simpanan di Bank (bunga majemuk atau bunga tunggal), rente, cicilan kredit rumah (konsep anuitas), obligasi, dan masalah keuangan lainnya.

         Untuk memudahkan dalam mempelajari materi matematika keuangan, sebaiknya teman-teman pelajari terlebih dahulu materi "barisan dan deret aritmatika", "barisan dan deret geometri", "bunga majemuk", serta "nilai tunai dan nilai akhir".

         Pada materi matematika keuangan yang akan kita bahas yaitu bunga tunggal, bunga majemuk, rente, anuitas, angsuran, penerapan anuitas pada obligasi, dan penyusutan. Untuk materi bunga tunggal dan bunga majemuk sudah kita pelajari sebelumnya pada artikel "bunga, pertumbuhan, dan peluruhan" yang merupakan matematika wajib, sehingga tidak kita bahas lagi di sini. Untuk mempelajari materi matematika keuangan yang akan kita bahas, silahkan langsung ikuti link-nya di bawah ini.


Cakupan Materi Matematika Keuangan
       Berikut submateri yang akan kita pelajari dalam matematika keuangan yaitu :
1). Rente
2). Anuitas dan angsuran
3). Penerapan Anuitas pada Obligasi
4). Penyusutan.

         Demikian materi matematika keuangan secara umum yang akan kita bahas. Penyusunan kelima submateri di atas akan kita lengkapi secara berkala, jadi mohon untuk bersabar. Semoga materi ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar