Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika


         Blog KoMa - Hallow sahabat koma, pada artikel ini kita akan membahas Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika. Tentu teman-teman harus tau dulu apa itu kepanjangan dari UMPTN? Kata UMPTN merupakan singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Untuk di Indonesia, nama sistem seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri terus berubah-ubah. Perubahan namanya yaitu dari SKALU, Sinpenmaru, UMPTN, SPMB, SNMPTN, SBMPTN, dan sekarang UTBK. Walaupun namanya berbeda, namun tujuannya sama yaitu untuk seleksi masuk PTN yang diadakan secara bersama-sama dalam satu wadah kepantiaan. Nah, di blog koma ini, kita pilih nama UMPTN untuk mewakili semuanya termasuk seleksi mandiri PTN. Untuk bidang pelajaran yang diujikan ada banyak, seperti fisika, kimia, biologi, ekonomi, matematika, dan lainnya. Khusus di blog koma, kita akan bahas Materi UMPTN Bidang Matematika saja.

         Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika ini sangat penting untuk kita ketahui agar kita bisa fokus dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi UMPTN dari berbagai PTN yang ada baik untuk seleksi bersama atau seleksi mandiri PTN. Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika kita bagi menjadi dua yaitu untuk Matematika Saintek (IPA) dan Matematika Soshum (IPS). Berikut Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika tersebut :


Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika Saintek (IPA)
1. Persamaan kuadrat
2. Fungsi kuadrat
3. Pertidaksamaan
4. Eksponen
5. Logaritma
6. Barisan dan deret
7. Fungsi komposisi dan invers
8. Matriks
9. Statistika
10. Peluang I
11. Peluang II
12. Trigonometri I
13. Trigonometri II
14. Turunan I
15. Turunan II
16. Limit
17. PGL dan program linier
18. Integral I
19. Integral II (Penggunaan)
20. Suku banyak
21. Dimensi Tiga I
22. Dimensi Tiga II
23. Lingkaran
24. Transformasi
25. Vektor
26. Sistem persamaan dan Bidang Datar

Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika Soshum (IPS)
1. Persamaan kuadrat
2. Fungsi kuadrat I
3. Fungsi kuadrat II
4. Pertidaksamaan
5. Program linier
6. Eksponen
7. Logaritma
8. Barisan dan deret Aritmetika
9. Barisan dan deret Geometri
10. Fungsi komposisi dan invers
11. Matriks
12. Statistika
13. Peluang I
14. Peluang II
15. Turunan I
16. Turunan II
17. Limit
18. Integral
19. Dimensi Tiga I
20. Dimensi Tiga II
21. Sistem persamaan
22. Bidang Datar

       Demikian tentang Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika ini. Materi dan soal-soal yang terkait akan kita lengkapkan secara berkala. Silahkan klik link yang sudah aktif karena itu pertanda materinya sudah di upload. Semoga Daftar Materi UMPTN Bidang Matematika ini bermanfaat untuk teman-teman yang mempersiapkan UMPTN baik sebagai guru maupun murid. Terimakasih.