Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga

         Blog Koma - Setelah mempelajari beberapa materi berkaitan dengan dimensi tiga seperti "cara menggambar atau melukis kubus", unsur-unsurnya seperti "diagonal bidang dan diagonal ruang, bidang diagonal", "kedudukan titik, garis, dan bidang", "konsep jarak", dan "konsep sudut", pada artikel ini kita lanjutkan dengan pembahasan materi yang masih terkait dengan dimensi tiga yaitu Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga. Bidang irisan terbentuk antara sebuah bidang yang mengiris sebuah bangun ruang. Materi Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga ini soal-soalnya biasanya diujikan pada Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tentu memiliki tingkat kesulitan soal yang tinggi. Karena hanya diujikan pada SBMPTN maka tidak semua sekolah mengajarkan materi Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga ini. Namun untuk persiapan SBMPTN, menurut kami penting untuk dipelajari.

         Irisan antara sebuah bidang dengan bangun ruang menghasilkan sebuah bidang irisan yaitu sebuah bangun datar yang dibatasi oleh garis-garis potong antara bidang itu dengan bidang-bidang sisi dari bangun ruang yang bersangkutan sehingga irisan itu membagi bangun ruang itu menjadi dua bagian (dua bagian tersebut tidak harus sama). Pertanyaannya, bagaimana cara Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga tersebut? Nah inilah yang akan kita pelajari pada artikel-artikel yang berkaitan bidang irisan. Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini.

          Pada gambar di atas, bidang LPR mengiris kubus ABCD.EFGH. Bidang irisannya berbentuk segienam TUVWQS. Ada tiga cara Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga yang akan kita pelajari yaitu sumbu afinitas, perpotongan bidang diagonal, dan perluasan sisi tegak. Silahkan teman-teman pelajari masing-masing cara pada link di bawah ini.

Ada tiga cara Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga
       Ada tiga metode dalam melukis bidang irisan pada dimensi tiga yaitu :
1). Menggunakan sumbu Afinitas,
2). Perpotongan bidang diagonal,
3). Perluasan Bidang tegak

       Demikian ulasan secara umum tentang Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga, khususnya tentang pengenalan apa itu yang dimaksud dengan bidang irisan pada dimensi tiga. Untuk mengetahui secara lebih mendalam beserta contoh-contoh soalnya, silahkan teman-teman ikuti link ketiga cara Melukis Bidang Irisan pada Dimensi Tiga di atas. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar