Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar

         Blog Koma - Pada artikel ini kita akan membahas materi Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar. Dengan mengetahui "panjang vektor", "perkalian dot" "perkalian silang", "proyeksi orthogonal vektor pad vektor", dan "vektor normal garis atau bidang", ternyata konsep vektor ini bisa kita aplikasikan pada bangun ruang dan bangun datar yang berkaitan dengan luas, jarak dan sudut. Adapun Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar yaitu menghitung luas bangun datar, menentukan jarak baik titik ke titik, jarak titik ke garis, jarak dua garis bersilangan, jarak titik ke bidang, jarak bidang ke bidang, sudut antara dua garis, sudut antara garis ke bidang, dan sudut antara bidang ke bidang. Tentu dengan menggunakan konsep pada dimensi tiga juga bisa, hanya saja untuk jenis atau tipe soal tertentu sangatlah sulit dikerjakan dengan konsep pada dimensi tiga, namun dengan menggunakan Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar ternyata pengerjaannya akan lebih mudah. Salah satu penghitungan yang sulit dikerjakan dengan konsep pada dimensi tiga yaitu jarak antara dua garis bersilangan, karena butuh imajinasi tinggi dalam menentukan jaraknya.

         Dengan mempelajari Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar berkaitan dengan jarak dan sudut, harapannya adalah sebagai penambah wawasan dalam pembelajaran matematika karena semakin banyak cara pengerjaan yang kita ketahui maka akan semakin bagus. Saran kami adalah tetap menggunakan konsep pada dimensi tiga, namun jika dirasa sulit maka silahkan teman-teman menggunakan konsep Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar ini. Untuk memudahkan mempelajari materi ini, sebaiknya kita harus menguasai secara baik konsep vektor, silahkan baca artikelnya di "Materi Vektor Tingkat SMA". Berikut Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar yang bisa kita pelajari bersama-sama yaitu :

1). Luas Bangun Datar,
2). Jarak dua titik,
3). Jarak titik ke garis,
4). Jarak titik ke bidang,
5). Jarak dua garis bersilangan
6). Jarak garis ke bidang,
7). Jarak dua bidang,
8). Sudut antara dua garis,
9). sudut antara garis dan bidang,
10). sudut antara dua bidang,
11). Titik berat segitiga,
12). Volume bangun ruang.

       Demikian penjabaran submateri Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar. Semoga materi Aplikasi Vektor pada Bangun Ruang dan Datar ini bisa bermanfaat untuk kita semua baik dari segi kebutuhan dalam mengerjakan soal maupun sebagai wawasan dalam pengetahuan tentang penerapan vektor. Untuk melengkapi seluruh aplikasi vektor, kami akan update secara berkala. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar