Soal Latihan PLOM SMA Bagian 5a


         Blog Koma - Hallow sahabat koma, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja ya. Pada artikel kali ini berisi tentang Soal Latihan PLOM SMA. Tujuan dari Soal Latihan PLOM SMA ini adalah agar sahabat koma bisa mengulang-ulang melatih dan mengerjakan soal-soal yang sudah dipelajari sampai lancar, sehingga jika ada bentuk soal yang serupa atau dengan logika yang sama maka sahabat koma akan dapat dengan mudah untuk mengerjakannya. Soal Latihan PLOM SMA ini bisa dikerjakan berkali-kali, jadi silahkan luangkan waktunya. OK. Semangat Berlatih sahabat Koma. Semoga bermanfaat.

Total Waktu : 12 menit

Nomor 1.
Diketahui $p$ adalah bilangan prima sehingga terdapat pasangan bilangan bulat positif $(x, y)$ yang memenuhi $x^2+xy = 2y^2+30p$. Banyak pasangan bilangan bulat positif $(x, y)$ yang memenuhi ada sebanyak $k$. Nilai $1000k+29 =...$?
(jawaban tidak perlu diisi tanda titik)

Nomor 2.
Pada sebuah persegi panjang berukuran $2028 \times 2025$ akan dibuat bujursangkar sehingga menutupi seluruh bagian persegi panjang tersebut. Paling sedikit ada berapa banyak bujursangkar yang mungkin dapat dibuat?

Nomor 3.
AB, BC, dan CA memiliki panjang 4, 5, 6 berturut-turut. Jika D merupakan titik tinggi dari B dan panjang BD sama dengan $\frac{p}{q} $ dimana $FPB(p, q) = 1$, maka nilai $10p+q= ...$?




         Demikian artikel tentang Soal Latihan PLOM SMA ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat koma untuk belajar mempersiapkan kompetisi-kompetisi yang ada. Jika ada masukan, saran, dan kritik, silahkan tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Waktu : 12 : 00