Soal Latihan PLOM SMP Bagian 2b


         Blog Koma - Hallow sahabat koma, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja ya. Pada artikel kali ini berisi tentang Soal Latihan PLOM SMP. Tujuan dari Soal Latihan PLOM SMP ini adalah agar sahabat koma bisa mengulang-ulang melatih dan mengerjakan soal-soal yang sudah dipelajari sampai lancar, sehingga jika ada bentuk soal yang serupa atau dengan logika yang sama maka sahabat koma akan dapat dengan mudah untuk mengerjakannya. Soal Latihan PLOM SMP ini bisa dikerjakan berkali-kali, jadi silahkan luangkan waktunya. OK. Semangat Berlatih sahabat Koma. Semoga bermanfaat.

Total Waktu : 12 menit

Nomor 1.
Dijual 100 lembar kupon, 10 diantaranya berhadiah. Ali membeli 2 lembar undian. Peluang Ali mendapat 1 hadiah adalah $\frac{a}{b} $ dalam bentuk paling sederhana. Tentukan nilai $ a + b $ ?

Catatan: kupon pertama menang dan kupon kedua gagal berbeda dengan kasus kupon pertama gagal dan kupon kedua menang.

Nomor 2.
Bilangan tiga digit $3A4$ jika ditambah dengan 123 akan menghasilkan bilangan tiga digit $4B7$. Jika $4B7$ habis dibagi 3 dan nilai $ A + B = n $, maka tentukan banyaknya nilai berbeda $ n $ yang mungkin?

Nomor 3.
Sebuah mata uang dan sebuah dadu dilantunkan bersama-sama. Bila diketahui mata uang muncul gambar, maka peluang munculnya mata dadu prima adalah $ \frac{m}{n} $ dalam bentuk paling sederhana. Tentukan nilai $ m + n $ ?




         Demikian artikel tentang Soal Latihan PLOM SMP ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat koma untuk belajar mempersiapkan kompetisi-kompetisi yang ada. Jika ada masukan, saran, dan kritik, silahkan tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Waktu : 12 : 00