Materi Vektor Tingkat SMA


         Blog Koma - Hallow teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini? Mudah-mudahan selalu sehat ya!!!. Pada artikel ini kita akan membahas Materi Vektor Tingkat SMA secara garis besar saja yaitu tentang submateri apa sih yang ada dalam Materi Vektor Tingkat SMA itu. Materi Vektor Tingkat SMA dibahas dalam pelajaran Fisika dan juga dibahas dalam pelajaran Matematika. Lalu apa perbedaannya? Sebenarnya sama, hanya saja masing-masing pelajaran menekankan pada bagian tertentu saja. Mengenai vektor secara Fisika dan Matematika, akan kita bahas lebih mendetail pada artikel "pengertian vektor".

         Pembahasan Materi Vektor Tingkat SMA secara matematika akan melihat dari dua sudut pandang yaitu secara aljabar (analitis) dan secara geometris. Untuk secara aljabar, Materi Vektor Tingkat SMA penghitungannya lebih mudah karena hampir mirip dengan beberapa perhitungan pada "operasi matriks" yang sudah teman-teman pelajari. Nah, secara geometri juga tidak sulit, hanya saja butuh imajinasi yang tepat dalam mengerjakan soal-soal.
 
         Selain membahas Materi Vektor Tingkat SMA secara matematis, pada blog koma ini akan kita bahas beberapa aplikasi atau penerapan dari vektor yang mungkin jarang dibahas di sekolah. Untuk artikel aplikasi vektor akan kita bahas dibagian akhir setelah kita menguasai materi vektor itu dengan baik.

       Adapun submateri yang akan kita bahas dalam Materi Vektor Tingkat SMA yaitu :
1). Pengertian Vektor dan Penulisannya,
2). Panjang Vektor dan Vektor Satuan
3). Vektor Posisi dan Vektor Nol,
4). Vektor Basis Normal Standar,
5). Kesamaan Dua Buah Vektor, segaris, dan sejajar,
6). Operasi pada Vektor :
     -). Penjumlahan dan Pengurangan Vektor
     -). Perkalian Vektor dengan Skalar
     -). sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan vektor
7). Perbandingan Vektor,
8). Perkalian Dot Dua Vektor (Dot Product),
9). Perkalian Silang Dua Vektor (Cross Product),
10). Proyeksi Orthogonal Suatu Vektor ke Vektor Lain,
11). Aplikasi vektor

       Demikian tentang Materi Vektor Tingkat SMA yang akan kita bahas. Untuk mempelajari materi vektor secara lebih mendalam, silahkan ikuti link disetiap submateri vektor di atas dimana akan kami update secara berkala. Terimakasih.