Transformasi Geometri Secara Umum

         Blog Koma - Pada artikel ini kita akan membahas materi Transformasi Geometri Secara Umum. Transformasi Geometri merupakan suatu bentuk perubahan yang melibatkan titik, garis, dan lainnya. Proses Transformasi dapat diartika sebagai proses perubahan kedudukan atau ukuran suatu objek geometri seperti titik, kurva, bangun datar, bangun ruang, dan sejenisnya. Proses transformasi ini selanjutnya kita bahas secara aljabar untuk memperoleh keakuratan yang lebih tinggi.

         Ada empat jenis-jenis Transformasi Geometri yang biasanya dibahas yang juga sering keluar pada ujian tulis seperti ujian nasional atau ujian masuk perguruan tinggi. Keempat jenis transformasi geometri tersebut yaitu Translasi (pergeseran), Rotasi (perputaran), dilatasi (perbesar/perkecil), dan refleksi (pencerminan). Namun pada blog koma ini, kita juga akan membahas materi pengayaan (tidak wajib dipelajari) yang juga merupakan jenis-jenis dari transormasi geometri yaitu regangan dan gusuran.

         Ada beberapa contoh penggunaan transformasi geometri yaitu pada alat pantograf yang fungsinya untuk menggambar ulang suatu gambar dengan cara membesarkan dan mengecilkan gambar tersebut, salah satunya untuk menggambar peta. Aplikasi yang lain adalah pada pengubinan (bentuk dengan pola yang teratur) seperti gambar berikut ini.

         Pada kurikulum 2013, baik tingkat SMP maupun SMA keduanya memperoleh materi transformasi geometri, tentu dengan tingkat pembahasan yang berbeda yaitu untuk tingkat SMP lebih sederhana dibandingkan tingkat SMA. Nah, yang akan kita bahas sekarang ini adalah materi transformasi geometri tingkat SMA. Untuk tingkat SMA, transformasi geometri sudah menggunakan MATRIKS dalam pengerjaan soalnya. Ini artinya, teman-teman harus menguasai materi matriks terlebih dahulu terutama operasi hitung pada matriks.

         Berikut adalah sub-materi transformasi geometri yang akan kita bahas yaitu :
1). Matriks transformasi,
2). Translasi,
3). Dilatasi,
4). Rotasi,
5). Refleksi,
6). Pencerminan terhadap garis $ y = mx + c $
7). Regangan dan Gusuran.

       Demikian pembahasan materi Transformasi Geometri Secara Umum . Untuk mempelajari secara lengkap, silahkan teman-teman langsung baca sub-materinya dengan mengikuti link yang ada, atau bisa langsung mengikuti artikel terkait setiap bagian akhir artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar