Tokoh Matematikawan : Gabriel Cramer, Leonhard Euler, dan Bernhard Riemann


         Blog Koma - Untuk artikel kali ini kita akan mengenal tiga tokoh Matematikawan yang berjasa dalam bidang Matriks, Bunga pertumbuhan, dan Integral. Langsung saja Berikut nama Tokoh dan Ulasannya.

         Gabriel Cramer adalah seorang ahli matematika dari Swiss. Meski Cramer tidak digolongkan sebagai ahli matematika terbesar pada zamannya, tetapi kontribusinya sebagai pemilah gagasan-gagasan matematis telah memberinya posisi terhormat dalam sejarah matematika. Cramer melakukan banyak perjalanan dan bertemu dengan banyak ahli matematika terkemuka pada masa itu.
         Hasil karya Cramer yang paling terkenal adalah Introduction al'analyse des lignes courbes algebriques (1750), yang merupakan studi dan kalsifikasi kurva-kurva aljabar dimana aturan Cramer muncul dalam lampirannya. Meskipun aturan itu menggunakan namanya, tetapi berbagai gagasan telah dirumuskan sebelumnya oleh banyak ahli matematika. Namun demikian, catatan penting Cramerlah yang membantu memperjelas dan mempopulerkan teknik ini.
         Kematiannya pada usia 48 tahun disebabkan kerja terlalu keras dan kecelakaan akibat terjatuh dari kereta. Cramer adalah orang yang baik dan menyenangkan dan mempunyai minat yang luas. Ia menulis mengenai filsafat hukum dan pemerintahan serta sejarah matematika. Ia bekerja pada kantor pemerintahan dan berpartisipasi di angkatan bersenjata di bagian artileri dan kegiatan pembentengan pemerintah. Ia juga menjadi instruktur bagi para pekerja mengenai teknik perbaikan katedral dan melakukan penggalian peninggalan katedral. Cramer menerima banyak gelar kehormatan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Kembali ke daftar Tokoh

         Leonhard Euler merupakan tokoh dominan dari matematika abad kedelapanbelas dan pengarang matematika yang paling subur sepanjang masa. Lahir dekat Besel, Swiss, ia belajar kepada orang bangsanya Johann Bernoulli dan telah menerbitkan makalah-makalah pada usia 18 tahun. Ia menjabat di Universitas Besel, St. Petersburg Academy of Sciences. Pada waktu ia meninggal, disebutkan bahwa semua matematikawan Eropa adalah mahasiswanya.
         Minat Euler terentang disemua matematika dan fisika. Ia memperkenalkan $ e \, $ sebagai bilangan dasar untuk logaritma asli, memperlihatkan bahwa $ e \, $ dan $ e^2 \, $ adalah tak rasional, dan menemukan hubungan luar biasa $ e^{i\pi} = -1 $ . Kebutaan selama 17 tahun terakhir dari hidupnya tidak menghambat karyanya. Sebagian disebabkan oleh daya ingatnya yang ajaib. Ia mengetahui dalam hati rumusrumus trigonometri dan analisis. Dikatakan bahwa ia telah mengerjakan suatu perhitungan sampai 50 posisi desimal di dalam kepalanya. Selain itu, Euler adalah seorang pecinta keluarga, yang seringkali menghabiskan waktu sore harinya bersama 13 putra-putrinya dengan membangun permainan-permainan ilmiah. Kembali ke daftar Tokoh

         Bernhard Riemann lahir di Breselenz, sebuah desa didekat Danneberg di Kerajaan Hanover di Jerman . Riemann merupakan anak kedua dari 6 bersaudara. Keluarga Riemann miskin dan Riemann serta saudara-saudaranya lemah serta sakit-sakitan. Meskipun hidup dalam kemiskinan dan kekurangan gizi, ayah Riemann berhasil mengumpulkan dana yang cukup untuk mengirim puteranya yang kini berusia 19 tahun ke Universitas Gottingen yang terkenal itu. Di sana, dia bertemu untuk pertama kali Carl Friedrich Gauss, yang dijuluki "Pangeran Ilmu Matematika," salah seorang matematikawan terbesar sepanjang masa. Bahkan sampai sekarang, Gauss digolongkan oleh para ahli matematika sebagai salah satu dari ketiga matematikawan paling terkenal dalam sejarah: Archimedes, Isaac Newton, dan Carl Gauss.
         Hidup Riemann singkat, hanya 39 tahun. Ia tidak mempunyai waktu untuk menghasilkan karya matematika sebanyak yang dihasilkan Cauchy atau Euler. Tetapi karyanya mengagumkan untuk kualitas dan kedalamannya. Makalahmakalah matematisnya menetapkan arah baru dalam teori fungsi kompleks meprakarsai studi mendalam dari apa sekarang yang disebut topologi, dan dalam geometri memulai perkembangan yang memuncak 50 tahun kemudian dalam teori Relativitas Einstein.
         Walaupun Newton dan Leibniz keduanya mempunyai suatu versi tentang Intergal dan mengetahui tentang Teorema Dasar dari kalkulus intergal, Riemanlah yang memberi kita definisi modern tentang integal tentu. Untuk menghormatinya, disebut Intergal Riemann. Riemann juga dihubungkan dengan fungsi zeta Riemann, lema Riemann, manipol Riemann, teorema pemetaan Riemann, problem Riemann-Hilbert, teorema Rieman-Roch, persamaan Cauchy-Riemann. Kembali ke daftar Tokoh